Langsung ke konten utama

Review Asus ZenBook S UX391UA, Tipis dengan ErgoLift

Jelang akhir tahun, Asus tak henti-hentinya merilis notebook andalan mereka ke pasaran Indonesia. Baru saja mereka menghadirkan ZenBook Flip UX461, mereka pun merilis ZenBook UX331UN yang tipis namun dengan Nvidia graphics ataupun UX331UAL yang punya standar militer. Sekarang, versi baru lagi sudah tersedia.

Adalah ZenBook S UX391UA, notebook tipis terbaru Asus yang punya desain beda dengan yang sudah-sudah. Ya, notebook ini merupakan varian ZenBook pertama yang hadir dengan design hinge ErgoLift. Desain ini membuat bagian monitor, tepatnya di bagian belakang, sekaligus menjadi dudukan hingga membuat keyboard notebook terangkat dan menjadi lebih nyaman digunakan saat mengetik.


Sebenarnya, desain ErgoLift hinge ini sendiri bukan yang pertama dihadirkan oleh Asus pada perangkat notebook besutannya. Kalau Anda ingat, sekitar tahun 2017 lalu, Asus juga punya notebook premium untuk segmen korporat yakni ASUSPRO B9440. Meski ditujukan untuk korporat, tetapi notebook ini justru lebih cantik dan elegan dibanding ZenBook yang dirilis pada kisaran waktu yang bersamaan saat itu.



Nah, kali ini, produsen asal Taiwan tersebut ingin menghadirkan pula keindahan dan kemewahan B9440 ke segmen personal dengan ZenBook S UX391UA. Seperti apa produknya? Mari kita bahas.

Desain
Asus ZenBook S UX391UA merupakan notebook yang masuk dalam kategori ultrabook karena mengusung bodi yang sangat tipis. Ketebalan ultrabook ini hanya 1,29cm, membuatnya tampil sebagai salah satu ZenBook paling tipis yang pernah ada. Selain tipis, bodi ultrabook ini juga sangat ringkas bahkan dapat diselipkan ke dalam tas wanita dengan mudah. Selain tipis, notebook ini juga tentunya sangat ringan. Bobotnya hanya 1 kilogram saja.

Bagi Anda pekerja on-the-go yang sering bepergian, notebook yang satu ini bisa jadi sangat pas untuk Anda. Ia memiliki desain yang stylish dengan bodi berbalut metal yang sangat kokoh, membuatnya bisa diandalkan untuk dijadikan teman bekerja di manapun.

Lalu, apakah karena dia tipis dan ringan lalu notebook ini juga ringkih? Jangan salah. Meski memiliki bodi yang tipis dan ringkas, namun bukan berarti ia tidak tahan banting. Laptop ini sudah menggunakan desain  bodi khusus yang sudah tersertifikasi Military Grade MIL-STD 810G. Itu artinya, laptop ini memiliki bodi yang sangat kokoh dan berhasil melewati serangkaian pengujian ekstrem saat diproduksi.

Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, ASUS ZenBook S UX391UA memang sudah tampil dengan desain stylish, ringan, ringkas, tipis, dan kokoh. Namun para teknisi ASUS tampaknya masih belum puas dengan semua itu dan berusaha menghadirkan sebuah laptop yang tetap nyaman digunakan kapanpun serta di manapun.



Beberapa yang menjadi tantangan bagi ASUS adalah menghadirkan pengalaman mengetik yang lebih baik, sirkulasi udara yang lebih lancar, serta performa audio kelas premium. Ketiga aspek tersebut pun dijawab oleh sebuah inovasi bernama ErgoLift Design. Coba Anda simak gambar di atas. Itulah yang disebut Asus sebagai ErgoLift. Bagian belakang notebook dibuat mengangkat, bertumpu pada layar monitor.

Dengan desain yang mengangkat tersebut, banyak kelebihan yang ditawarkan. Pertama, aliran udara di bagian bawah notebook akan lebih lancar dan sangat membantu pendinginan komponen-komponen yang terdapat di dalam body notebook yang tipis. Kedua, audio yang dihasilkan akan pancarkan ke arah bawah sebelum memantul kembali ke telinga kita. Ini memberikan tambahan resonansi suara sehingga audio yang dihasilkan terdengar lebih wah.

Ditambah dengan dukungan sistem audio bersertifikasi Harman Kardon dan SonicMaster Premium, ZenBook S UX391UA bisa menghasilakan kualitas suara premium. Dua speaker yang ada di ultrabook ini memiliki kemampuan untuk mereproduksi surround sound dengan kualitas suara sinematik yang sangat bagus. Suara yang dihasilkan juga memiliki tingkat distorsi yang rendah dan lebih jernih berkat penggunaan amplifier khusus.

ErgoLift tidak hanya sekadar membuat ultrabook ini menjadi lebih unik dan elegan ketika dipandang. Ia memiliki fungsi penting yaitu meingkatkan kenyamanan pengguna ketika mengetik. ASUS mengatakan 5,5 derajat merupakan sudut optimal untuk mengetik. Apalagi dengan dukungan keyboard ergonomis yang memiliki travelling distance 1,2mm dan telah dilengkapi dengan LED backlight. Mengetik di tempat gelap pun akan tetap nyaman ketika menggunakan ultrabook ini.



Jika layar ditutup, ia akan menjadi sebuah notebook yang tipis kembali. Sebagai gambaran, saking tipisnya notebook ini, sampai-sampai port audio 3,5 inci harus diletakkan di tempat yang paling tebal, yakni di sudut belakang layar, yang berfungsi menjadi penopang saat notebook dibuka.

Spesifikasi
Ketika melihat sebuah laptop yang sangat ringkas seperti ZenBook S UX391UA, beberapa dari Anda pasti akan menebak kalau laptop ini memiliki performa tidak sekencang laptop standar yang punya bodi lebih bongsor. Tapi nyatanya tidak. ZenBook S UX391UA memiliki performa layaknya laptop premium. Semua itu berkat komponen kelas premium yang ada di dalamnya.

ASUS ZenBook S UX391UA ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-8550U yang hadir dengan konfigurasi 4 core 8 thread, dan memiliki kecepatan pemrosesan hingga 4.0GHz. Prosesor tersebut tidak hanya kencang, namun juga irit daya karena sudah menggunakan pemrosesan 14nm dan memiliki TDP 15 Watt.

Prosesor kencang tersebut juga hadir bersama dukungan RAM sebesar 16GB yang berjalan di frekuensi 2133MHz. Ditambah dengan penggunaan M.2 NMVe PCIe SSD sebesar 512GB, ultrabook ini dapat berjalan sangat kencang dan memiliki waktu booting hanya dalam hitungan detik. Berikut ini spesifikasi lengkap Asus ZenBook S UX391UA:



Bagi Anda yang suka menggunakan laptop di tempat umum, tentu Anda tidak ingin mengganggu orang lain di sekitar Anda. Namun kadang suara kipas laptop bisa menjadi sangat berisik apalagi ketika Anda membuka aplikasi berat. Untuk mengatasi hal tersebut, ZenBook S UX391UA sudah dilengkapi dengan kipas dan teknologi khusus yang membuat pengoperasian lebih senyap.

ASUS menghadirkan fitur Quiet Fan yang memungkinkan pengoperasian kipas menjadi lebih senyap. Untuk mengaktifkannya, cukup dengan mengakses fitur ini melalui Quick Launch di Taskbar dan pilih ikon Quiet Fan. Pilih opsi Quiet Fan ON untuk mengaktifkan fitur ini.

Baca juga:

Meski senyap, performa pendinginnya tidak perlu diragukan. Pendingin di ZenBook S UX391UA menggunakan sebuah kipas ultra tipis dengan impeller yang memiliki ketebalan hanya 0,3 milimeter. Kipas tersebut bisa menghasilkan aliran udara 13,4 persen lebih baik dari kipas biasa di ultrabook lainnya. Berkat aliran udara yang lebih baik, suhu di ZenBook S UX391UA bisa ditekan hingga 5 derajat Celcius lebih dingin.

Soal penggunan yang senyap, keyboard di ZenBook S UX391UA juga dirancang khusus agar tidak berisik saat digunakan. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir mengganggu orang di sekitar ketika menggunakan ultrabook ini.

Fitur
Layar merupakan salah satu komponen penting namun cukup menantang untuk dihadirkan di sebuah ultrabook. Pasalnya, produsen ultrabook harus bisa menghadirkan layar dengan kualitas baik namun dengan bentuk yang tipis serta ringkas mengingat bodi ultrabook yang memiliki konsep serupa. Di sini ASUS kembali menghadirkan inovasinya.

Tidak hanya berhasil menghadirkan layar berkualitas tinggi, ZenBook S UX391UA juga memiliki bezel layar yang sangat tipis. Melalui teknologi NanoEdge Display, ASUS berhasil menghadirkan layar dengan bezel hanya 5,9 milimeter di ultrabook ini. Dengan demikian, ukuran layar di ZenBook S UX391UA bisa dimaksimalkan dan tetap bisa mempertahankan dimensi bodinya yang sangat ringkas.

Layar di ZenBook S UX391UA memiliki ukuran 13,3 inci dengan resolusi Full HD (1920x1080 pixel). Berkat teknologi NanoEdge Display, layar ultrabook ini memiliki rasio yang sangat besar, yaitu 85 persen terhadap bodinya. Bisa dikatakan kalau sebagian besar frame layarnya merupakan layar LED.



Bagi Anda yang berprofesi sebagai desainer, fotografer, atau videografer, ZenBook S UX391UA juga bisa digunakan sebagai perangkat penunjang utama karena layarnya memiliki kemampuan reproduksi warna yang akurat. Layar di ultrabook ini memiliki color gamut Adobe sRGB sebesar 100% dengan kerapatan pixel 331ppi untuk reproduksi detail gambar yang tinggi. Sudut pandang atau viewing angle-nya juga sangat lebar, yaitu mencapai 178 derajat. Dengan demikian, kualitas warna pada layar ultrabook ini akan tetap terjaga meski dilihat dari samping.

ASUS juga tidak berkompromi soal konektivitas di ZenBook S UX391UA kali ini. Meski tampil dengan bodi yang sangat ringkas, ultrabook ini sudah didukung dengan tiga port USB Type-C yang dua di antaranya merupakan port Thunderboilt 3. Port tersebut mendukung kecepatan transfer data sangat tinggi, yaitu hingga 40Gbps.

Melalui Thunderbolt 3, Anda bisa mengoneksikan berbagai aksesoris high-end seperti external graphic card dock, dan lain-lain. Port ini juga dapat berfungsi sebagai display output, sehingga ZenBook S UX391UA masih bisa dikoneksikan dengan monitor ekstra, serta proyektor jika diperlukan.

Anda juga tidak perlu khawatir karena ASUS sudah menyediakan dongle khusus di paket penjualan ZenBook S UX391UA. Terdapat dua dongle yang tersedia, yaitu USB Type-C to USB Type-A, serta USB Type-C to HDMI. Jadi, Anda tidak usah merogoh kocek dompet lagi untuk membeli dongle tersebut.

ASUS mengklaim laptop ini bisa bertahan selama 13,5 jam melalui pengujian internalnya. Sementara ketika kami uji melalui skenario penggunaan sehari-hari, ultrabook ini bisa bertahan hingga 7 jam. Skenario yang kami gunakan adalah mengatur tingkat kecerahan layar ke 50 persen, menyalakan mode battery saving di Windows 10, menyalakan Wi-Fi untuk terkoneksi ke internet, dan melakukan streaming YouTube sambil membuka dua dokumen Microsoft Office.



Daya tahan baterai tersebut memang tergolong sangat awet karena laptop standar biasanya hanya mampu bertahan sekitar 3 hingga 4 jam penggunaan saja. Jika skenario penggunaan Anda lebih berat yang membuat baterai menjadi lebih boros, Anda bisa mengisi daya laptop ini dengan mudah karena adapter charger-nya juga memiliki bentuk yang sangat ringkas dan mudah dibawa.

Kami pun merasa tidak kesulitan sama sekali saat menggunakan laptop ini di kedai kopi untuk bekerja. Ia bisa bertahan hingga pekerjaan kami selesai tanpa diisi ulang baterainya, padahal kami sudha berjaga-jaga membawa adapter charger-nya. Lalu, bagaimana dengan performanya?

Performa
Untuk mengetahui sejauh mana kinerja yang ditawarkan oleh notebook ultra tipis nan manis ini, kami menjalankan beberapa aplikasi benchmark populer seperti PCMark 10 untuk mengukur performa sistem secara keseluruhan, Cinebench untuk mengukur performa maksimum prosesor, 3DMark untuk mengetahui peforma grafis dan Unigine Heaven untuk performa gaming. Kami juga melakukan pengujian baterai dengan PCMark 8. Berikut ini hasilnya:








Kesimpulan
ASUS ZenBook S UX391UA bisa dikatakan sebagai laptop idaman untuk mereka yang aktif bergerak, seperti traveler serta pekerja on-the-go. Selain desain bodinya sangat elegan dan tidak kaku, ultrabook ini sangat ringkas dan ringan untuk dibawa bepergian. Bodinya yang sangat kokoh dan sudah mengantongi standarisasi militer juga merupakan nilai plus.

Dari sisi performa, ASUS tampak sangat menjaga kualitas performa di laptop ini melalui berbagai inovasinya seperti ErgoLift Design. Selain itu, ZenBook S UX391UA juga disokong oleh komponen kelas atas seperti prosesor Intel Core generasi ke-8, RAM 16GB, dan penyimpanan menggunakan M.2 NVMe PCIe SSD yang sangat kencang. Singkatnya, ultrabook ini sangat bisa diandalkan meski memiliki bentuk yang tipis, ringkas, dan ringan.

Dari sisi baterai, ketika diuji menggunakan PCMark 8, ultrabook ini bisa bertahan selama 3 jam 34 menit. Artinya, jika Anda menggunakan ultrabook ini dengan kemampuan penuh secara non stop, baterainya kemungkinan akan bertahan sekitar 3,5 jam. Daya tahan tersebut juga cukup bagus untuk ukuran sebuah laptop ultra tipis.

Baca Juga:

Savefrom, Online Video Downloader Terbaik?

Savefrom, Online Video Downloader Terbaik - Bagi Anda yang suka nonton video dari media sosial, mungkin Anda kadang lebih memilih untuk menontonnya secara offline. Hal ini bukan tanpa alasan, karena memang menonton video secara online akan lebih menguras kuota. Apalagi jika budget Anda sedang menipis, atau kuota sudah mau habis, pastinya solusi terbaik adalah dengan men-download dulu videonya. Dengan men-download videonya, Anda bisa melihat ulang videonya kapan pun tanpa harus mengkhawatirkan kehabisan kuota. Nah, salah satu layanan online video downloader yang bisa Anda pilih adalah Savefrom. Kira-kira, apa saja keunggulan dan kekurangan layanan yang satu ini? Yuk, simak informasinya di bawah:   Review dan Cara Download dari Savefrom: Savefrom merupakan sebuah layanan online gratis yang bisa digunakan untuk mengunduh video maupun musik secara gratis. Savefrom disebut juga sebagai pengunduh video tertua sekaligus terpopuler yang bisa digunakan dengan mudah dan bebas. Beberapa si

Perbandingan Unisoc Tiger T618 dengan MediaTek dan Qualcomm Sekelas

Chipset Unisoc sedang naik daun. Advan, salah satu produsen smartphone dan perangkat komputas mobile dalam negeri baru saja menghadirkan smartphone baru yang diperkuat prosesor tersebut. Adalah Advan GX, smartphone andalan teranyar Advan yang baru dirilis di harga kisaran Rp1,8 jutaan. Uniknya, alih-alih mengusung chipset besutan Qualcomm ataupun Mediatek, Advan menunjuk prosesor besutan Unisoc untuk memperkuat smartphone yang bersangkutan. Asal tahu saja, Unisoc ini sebelumnya dikenal dengan nama Spreadtrum Communications. Adapun prosesor yang dipilih untuk Advan GX adalah Unisoc Tiger T618. Prosesor ini sendiri sebenarnya sudah dirilis sejak Agustus 2019. Apa yang menarik pada prosesor ini? Lalu, apa bedanya dengan prosesor MediaTek dan Qualcomm Snapdragon sekelas atau setara? PerbandinganUnisoc Tiger T618 vs MediaTek dan Qualcomm Dari sisi teknologi, Unisoc Tiger T618 adalah prosesor octa-core yang terdiri dari dua core bertenaga berbasis ARM Cortex-A75 berkecepatan 2GHZ dan e

Download Windows 10 ISO versi Lite Alias Ringan

Anda kesal karena laptop atau PC desktop Anda lemot padahal punya spek yang tidak jelek? Jangan dulu membuang laptop atau upgrade komponen PC desktop tersebut. Siapa tau yang membuatnya berat adalah sistem operasi Windows 10-nya yang kegemukan. Selain format dan install ulang, ada cara lain yang lebih efektif dalam membuat komputer kita bekerja seperti layaknya baru beli. Caranya adalah download Windows 10 ISO versi ringan. Lho, apa bedanya? Kalau kita memilih untuk download Windows 10 ISO versi ringan dan instalasikan di PC kita, maka fitur-fitur, fungsi atau aplikasi yang jarang digunakan, sudah ditiadakan. Selain lebih hemat ruang di harddisk, dibuangnya fitur-fitur yang tidak berguna tersebut akan membuat PC atau laptop spek rendah pun bisa menjalankan Windows 10 dengan lancar. Download Windows 10 Terbaru October 2020 Update Lalu, apa saja yang ada di Windows 10 versi Lite alias versi Ringan tersebut? Nah ini dia: Windows 10 SuperLite Compact (Gaming Edition) x64 –

Cara Cek Chipset Smartphone Android Secara Akurat

Smartphone merupakan perangkat yang memiliki banyak komponen penting, seperti prosessor, memori internal dan eksternal, graphic processing unig (GPU) dan lainnya. Salah satu bagian terpentingnya adalah prosessor. Komponen prosessor sendiri terdiri dari chipset yang memiliki beberapa buah core dengan clock speed yang mungkin berbeda-beda, dan juga GPU. Cara cek chipset smartphone Android dapat dilakukan dengan beberapa metode. Kegiatan mengecek chipset sendiri perlu dilakukan dalam rangka mengetahui spesifikasi perangkat keras yang terdapat di dalam smartphone. Apakah sesuai dengan standar atau resmi. Selain itu, dengan melakukan pengecekan, kita dapat mencegah penipuan yang mungkin terjadi. Berikut ini cara cek chipset smartphone Android yang mungkin bisa Anda lakukan pula pada smartphone Android Anda: Cara Cek Melalui Menu Pengaturan Ini merupakan cara pertama yang bisa kamu lakukan. Langkah-langkahnya adalah: Buka menu pengaturan di smartphone Android Anda Pilih S

Goda dan RRQ Luncurkan Motor Gaming Limited Edition

Goda dan Team RRQ telah meluncurkan dua produk kolaborasi terbaru, yaitu Arthur dan Mecha Monkey RRQ Limited Edition, pada 25 Agustus 2024. Kedua kendaraan sepeda motor listrik ini menggabungkan performa tinggi dengan kecanggihan teknologi, serta memiliki desain eksklusif dari RRQ yang membedakannya dari versi standar. Mecha Monkey RRQ Limited Edition bahkan dirilis lebih awal dibandingkan versi standarnya. Kedua produk ini tersedia eksklusif di Shopee RRQ.Store mulai hari peluncuran. Arthur RRQ Limited Edition dijual seharga Rp8,99 juta, sementara Mecha Monkey RRQ Limited Edition dibanderol Rp12,99 juta. CEO dan Co-Founder RRQ, Andrian Pauline, menyatakan kebanggaannya terhadap kolaborasi ini, menekankan bahwa RRQ mungkin merupakan tim esports pertama yang meluncurkan produk kendaraan listrik. "Kolaborasi ini adalah bentuk apresiasi kami kepada para Kingdom dan diharapkan menjadi inspirasi bagi pelaku esports lainnya untuk terus berinovasi," ujarnya. CEO Goda Technology Grou

Grab Tambah Armada Mobil Listrik

Grab berencana menambah lebih dari 1.000 unit mobil listrik hingga akhir 2024. Sebagai gambaran, sejak 2019, Grab telah mengoperasikan lebih dari 10.000 kendaraan listrik, baik roda dua maupun roda empat di Indonesia.  Armada GrabElectric ini telah menempuh jarak lebih dari 270 juta kilometer, setara dengan 6.900 kali mengelilingi bumi, dan berhasil mengurangi 26.000 ton emisi karbon. Upaya ini juga menghemat lebih dari 11 juta liter bahan bakar fosil. Pada acara peluncuran tambahan GrabCar Electric di Ecovention Ancol, Jakarta pada 26 Agustus, sejumlah pejabat penting hadir, termasuk Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, dan Gibran Rakabuming Raka, Wakil Presiden Republik Indonesia Terpilih 2024-2029. Kehadiran mereka menegaskan dukungan pemerintah terhadap inisiatif Grab yang sejalan dengan target nasional mencapai emisi nol bersih pada tahun 2060. Budi Karya Sumadi menyatakan apresiasi terhadap langkah Grab dalam membangun ekosi

Download Football Manager 2024 Gratis di Epic Games

Kabar gembira bagi para penggemar Football Manager 2024. Game yang baru dirilis hanya 10 bulan yang lalu, akan tersedia secara gratis di Epic Games Store minggu depan. Bahkan dengan standar tinggi Epic Games dalam menawarkan permainan gratis, giveaway terbarunya ini sangat mengesankan. Berbeda dengan EA Sports FC, yang fokus pada aksi cepat di lapangan, seri Football Manager yang sudah lama berjalan ini lebih condong kepada strategi dan taktik di balik permainan sepak bola. Edisi terbaru ini menawarkan banyak peningkatan yang ditujukan bagi para pemain baru. Animasi pemain menjadi lebih halus dan beragam, set piece disederhanakan (meskipun Anda masih bisa mengatur rencana permainan secara mendetail), dan sistem transfer yang disesuaikan memungkinkan Anda menggunakan perantara untuk melepas pemain cadangan yang membebani anggaran. Sementara itu, para manajer veteran akan senang mengetahui bahwa mereka bisa mengimpor simpanan dari FM23 dan melanjutkan dari titik terakhir mereka berhenti.

Cara Ganti dan Mengubah Warna Keyboard Laptop Acer Nitro 5

Acer Nitro 5 merupakan salah satu laptop gaming yang sangat populer di Indonesia. Buktinya, model laptop gaming yang satu ini terus diperbarui oleh pihak Acer agar terus dapat meraih perhatian para gamers. Ya, terbaru, laptop gaming Acer Nitro 5 bahkan sudah tersedia dalam versi dengan prosesor anyar baik dari Intel ataupun AMD yakni Core i 12th Gen dan juga Ryzen 6000 series. Sama seperti laptop gaming lain pada umumnya, Acer Nitro 5 ini juga punya fitur RGB lighting di bagian keyboard-nya. Yang menarik, keyboard tersebut mendukung 4-zone RGB lighting. Yang jadi pertanyaan bagi para pengguna awam seperti kita adalah, bagaimana cara ganti mengganti atau ubah mengubah warna keyboard laptop Acer Nitro 5 supaya tidak membosankan? Cara mengganti warna keyboard tersebut sebenarnya sangat mudah. Begini langkah-langkahnya: Cara Ubah Warna Keyboard Acer Nitro 5 Acer Nitrosense di laptop. Caranya bisa lewat shortcut aplikasi yang bersangkutan di Windows, atau dengan menekan tombol shortcu

Cara Mengatasi Adapter Wi-Fi yang Tidak Terdeteksi

Saat ini, penggunaan perangkat elektronik seperti smartphone dan laptop sudah menjadi bagian dari kebutuhan sehari-hari. Penggunaan laptop sendiri mulai dari dipakai untuk bekerja, belajar sampai ke untuk kebutuhan hiburan.  Nah, untuk dapat terhubung ke dunia maya, perangkat laptop biasanya disambungkan ke Wi-Fi. Namun apa jadinya jika adapter Wi-Fi yang ada di laptop tidak terdeteksi sehingga pengguna tidak bisa terhubung ke internet? Nah, jangan panik dulu. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda coba saat adapter Wi-Fi laptop Anda tidak mendeteksi access point dan tak bisa tersambung. Sebagai gambaran, ketersediaan adapter ini sangat penting karena digunakan untuk menerima dan menyampaikan data dari sinyal koneksi Wi-Fi. Jika keberadaannya tidak terdeteksi dan error tentunya hal tersebut akan membuat produktifitas pengguna menjadi terganggu karena tidak bisa terhubung ke internet. Ok, begini cara untuk mengatasi adapter Wi-Fi yang error dan tidak terdeteksi. 1. Disable

Tecno Terjun ke Industri Laptop di Indonesia

Ada kabar menarik di industri laptop di Indonesia. Setelah beberapa tahun terakhir sejumlah merek ponsel pintar memasuki pasar laptop, kini giliran Tecno yang turut meramaikan persaingan dengan meluncurkan laptop terbarunya.  Sebagai bagian dari Transion Holdings asal Tiongkok, yang juga menaungi Infinix, Tecno menghadirkan laptop dengan dua pilihan prosesor dan harga yang terjangkau bagi konsumen di Indonesia. Laptop yang dinamai Tecno Megabook T1 ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar yang dapat bertahan hingga 18,5 jam pemakaian. Laptop dengan bobot ringan ini menawarkan dua varian prosesor, yaitu Intel® Core™ i5-12450H dan AMD Ryzen™ 5 5625U dengan dukungan grafis AMD Radeon. Apakah Anda seorang profesional, gamer, atau pelaku industri kreatif, Tecno Megabook T1 dirancang untuk meningkatkan pengalaman penggunaan laptop. Tecno membanderol laptop ini dengan harga Rp 7.999.000 untuk varian dengan prosesor Intel® Core™ i5-12450H, dan Rp 6.999.000 untuk versi AMD Ryzen™ 5 5625