Langsung ke konten utama

Review Zenbook 14 OLED (UM3406), Laptop AI Terbaru Asus

Asus punya laptop baru yang unik dalam wujud Zenbook 14 OLED (UM3406). Sebuah laptop ultraportable yang menawarkan performa tinggi, durabilitas militer, dan teknologi AI melalui fitur Neural Processing Unit (NPU).

Hadir melengkapi seri Zenbook 14 OLED (UX3405) yang sudah lebih dulu mendarat di pasaran Indonesia, giliran prosesor AMD Ryzen 7 8440HS yang dipasang di dalamnya. Sebagai gambaran, itu adalah prosesor AMD yang punya performa tinggi namun dengan efisiensi energi yang jauh lebih baik dari pendahulunya.  

Dari keterangan resminya, Asus mengklaim bahwa laptop barunya menawarkan performa yang cepat dan responsif, cocok untuk multitasking dan aplikasi intensif. Lalu, apakah klaim yang disebutkan Asus pada produk barunya ini benar adanya? Mari kita bahas.


 
Desain
Salah satu aspek terpenting dalam desain Zenbook 14 OLED adalah profilnya yang tipis. Laptop memiliki ketebalan yang minimalis, hanya 1,49cm, membuatnya mudah untuk diselipkan ke dalam tas tanpa memakan banyak ruang.

Bobot yang ringan, hanya 1,2kg juga menjadi keunggulan tersendiri, memungkinkan pengguna untuk membawanya bepergian dengan nyaman tanpa beban tambahan.

Dari sisi desain, laptop ini elegan dan modern. Dengan bodi yang ramping dan ringan, laptop menawarkan portabilitas dan kemewahan visual lewat layar berkualitas tajam. Bezel yang sangat tipis memungkinkan laptop memberikan rasio screen-to-body yang tinggi, menyuguhkan kesan visual yang lebih luas.

Sebagai perangkat mutakhir, Zenbook 14 OLED (UM3406) hadir dengan sejumlah fitur inovatif yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna, baik dari segi produktivitas maupun hiburan.

Dari sisi material, Asus memilih menggunakan bahan yang tidak hanya kokoh tapi juga memberikan sentuhan estetika. Permukaan metal pada bodi laptop disikat dengan tekstur halus yang tidak hanya menarik secara visual tetapi juga menyenangkan saat disentuh.

Sayangnya, material model ini, apalagi pada chassis berwarna Jade Black, membuat bercak bekas jari jadi sangat kentara dan perlu sering dibersihkan agar tidak memberikan kesan dekil.


Fitur
Salah satu fitur utama laptop ini tentunya adalah layar Asus Lumina OLED, yang menawarkan reproduksi warna yang akurat, tingkat kontras yang sangat tinggi, dan respons waktu yang cepat. Fitur lainnya termasuk kamera AiSense yang terintegrasi, sensor sidik jari, dan Windows Hello untuk autentikasi yang cepat dan aman.

Untuk pengguna yang sering melakukan konverensi video, fitur AiSense yang terintegrasi dapat menjamin kualitas video konferensi yang lebih baik dan juga bisa lebih fokus menampilkan wajah pengguna saat online.

Dengan dukungan AI Noise Cancelation, kamera ini dapat mengurangi kebisingan latar belakang, memastikan komunikasi yang jelas dan profesional. Selain itu, ada penutup privasi fisik untuk kamera dan dukungan Windows Hello IR untuk login yang aman dan cepat menggunakan pengenalan wajah.


Untuk input, Zenbook 14 OLED (UM3406) menyediakan touchpad berukuran lega dengan permukaan yang smooth sehingga pergerakan kursor di layar akan terasa sangat mulus. Namun sayangnya, di sini tidak ada fitur fingerprint sensor ataupun numberpad yang kadang disediakan di laptop Asus yang tidak menyediakan keypad.

Keyboard-nya sendiri menggunakan key jenis chiclet dengan backlight yang bisa memancarkan tiga tingkat kecerahan. Ini tentu merupakan fitur wajib bagi laptop produktivitas agar bisa digunakan di berbagai tempat dengan beraneka ragam kondisi pencahayaan ruangan.

Spesifikasi
Prosesor AMD Ryzen™ 7 8840HS adalah salah satu komponen utama yang menentukan performa Zenbook 14 OLED (UM3406). Prosesor ini dirancang untuk menghadirkan kinerja yang tinggi dan efisiensi yang baik pada sebuah laptop.

Dengan kecepatan dasar 3.3GHz, prosesor dapat bekerja hingga 5.1 GHz Boost Clock. Prosesor ini juga didukung oleh teknologi-teknologi terbaru dari AMD seperti Precision Boost dan AMD Infinity Cache.


Grafisnya pun, berbasis AMD Radeon™ 780M Graphics menawarkan kinerja multimedia yang baik, dan bisa juga untuk gaming. Tak lupa, ada pula chip NPU XDNA yang memiliki kinerja 16 TOPs untuk pengelolaan aplikasi berbasis AI.

Berikut ini spesifikasi teknis Asus Zenbook 14 OLED (UM3406):



Penasaran, kami coba menjajal performa laptop yang satu ini dengan beberapa software yang biasa kami gunakan.




Dari sisi performa, Asus Zenbook 14 OLED (UM3406) menawarkan kinerja yang sangat baik untuk aplikasi office ataupun multimedia. Sebagai perbandingan, laptop ini menawarkan performa yang lebih baik dibandingkan laptop gaming tahun lalu berbasis Ryzen 9 7940HS dalam urusan aplikasi office ataupun produktivitas.

Lalu, seperti apa performa grafis laptop AI yang satu ini?

Ternyata, kinerja grafis yang ditawarkan oleh AMD Radeon™ 780M Graphics juga cukup baik. Meskipun bukan merupakan chip untuk gaming, namun performanya sudah memadai untuk menjalankan game-game berat, tentunya dengan setting rendah sampai menengah.




Dengan skor benchmark yang didapat, game-game seperti GTA V dapat dijalankan dengan lancar di resolusi Full HD setting rendah. Saat kami benchmark menggunakan game-game seperti Shadow of the Tomb Raider dan Street Fighter 6 di setting Low, game tersebut masih playable, alias masih layak dimainkan.

Jangan khawatir lambat saat loading game-game tersebut. Di dalam laptop ini, Asus memasang storage 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD. Berikut ini kecepatan baca-tulisnya:


Meski belum tembus di atas 5000MB/s, namun storage besutan Micron tersebut menawarkan performa yang bagus sebagai sebuah laptop daily driver untuk produktivitas sehari-hari. Adapun terkait masa aktif seharian, kami coba melakukan pengukuran kemampuan baterai laptop AI ini dengan PCMark 10 Video Playback dengan kondisi tingkat kecerahan layar 50% dan terhubung ke internet.


Ternyata, baterai 75WHrs yang terpasang sanggup memasok energi hingga 18 jam lebih. Ini artinya, Asus Zenbook 14 OLED (UM3406) benar merupakan laptop yang menawarkan kombinasi yang kuat antara desain, fitur, performa dan daya tahan baterai. Pengguna bisa bekerja dengan laptop ini dengan nyaman tanpa perlu khawatir kehabisan baterai sebelum jam pulang kantor.

Kesimpulan
Sebuah laptop tipis, ringan dan ringkas, layar berkualitas, performa tinggi, dan dengan baterai awet merupakan impan seluruh pekerja profesional di luar sana. Dan dengan teknologi terbaru, Asus sudah menyediakannya dalam wujud laptop AI Asus Zenbook 14 OLED (UM3406). Digunakan untuk aplikasi berbasis AI pun tidak masalah karena prosesor AMD Ryzen 8000 series di dalamnya sudah memiliki NPU yang akan mengerjakan semua secara lebih efisien.

Satu hal yang perlu dicatat, kalau Anda ingin bekerja secara produktif menggunakan laptop ini, jangan lupa menyisihkan sedikit anggaran ekstra untuk membeli bundel Microsoft Office 2021 ataupun layanan Microsoft Office 365. Pasalnya, untuk menahan harganya agar tetap terjangkau, Asus tidak memberikan bundling aplikasi office tersebut secara gratis. Opsi lain, Anda bisa menggunakan aplikasi office alternatif yang juga banyak tersedia di Internet.

Baca Juga:

Cara Cek Chipset Smartphone Android Secara Akurat

Smartphone merupakan perangkat yang memiliki banyak komponen penting, seperti prosessor, memori internal dan eksternal, graphic processing unig (GPU) dan lainnya. Salah satu bagian terpentingnya adalah prosessor. Komponen prosessor sendiri terdiri dari chipset yang memiliki beberapa buah core dengan clock speed yang mungkin berbeda-beda, dan juga GPU. Cara cek chipset smartphone Android dapat dilakukan dengan beberapa metode. Kegiatan mengecek chipset sendiri perlu dilakukan dalam rangka mengetahui spesifikasi perangkat keras yang terdapat di dalam smartphone. Apakah sesuai dengan standar atau resmi. Selain itu, dengan melakukan pengecekan, kita dapat mencegah penipuan yang mungkin terjadi. Berikut ini cara cek chipset smartphone Android yang mungkin bisa Anda lakukan pula pada smartphone Android Anda: Cara Cek Melalui Menu Pengaturan Ini merupakan cara pertama yang bisa kamu lakukan. Langkah-langkahnya adalah: Buka menu pengaturan di smartphone Android Anda Pilih S

Savefrom, Online Video Downloader Terbaik?

Savefrom, Online Video Downloader Terbaik - Bagi Anda yang suka nonton video dari media sosial, mungkin Anda kadang lebih memilih untuk menontonnya secara offline. Hal ini bukan tanpa alasan, karena memang menonton video secara online akan lebih menguras kuota. Apalagi jika budget Anda sedang menipis, atau kuota sudah mau habis, pastinya solusi terbaik adalah dengan men-download dulu videonya. Dengan men-download videonya, Anda bisa melihat ulang videonya kapan pun tanpa harus mengkhawatirkan kehabisan kuota. Nah, salah satu layanan online video downloader yang bisa Anda pilih adalah Savefrom. Kira-kira, apa saja keunggulan dan kekurangan layanan yang satu ini? Yuk, simak informasinya di bawah:   Review dan Cara Download dari Savefrom: Savefrom merupakan sebuah layanan online gratis yang bisa digunakan untuk mengunduh video maupun musik secara gratis. Savefrom disebut juga sebagai pengunduh video tertua sekaligus terpopuler yang bisa digunakan dengan mudah dan bebas. Beberapa si

Download Windows 10 ISO versi Lite Alias Ringan

Anda kesal karena laptop atau PC desktop Anda lemot padahal punya spek yang tidak jelek? Jangan dulu membuang laptop atau upgrade komponen PC desktop tersebut. Siapa tau yang membuatnya berat adalah sistem operasi Windows 10-nya yang kegemukan. Selain format dan install ulang, ada cara lain yang lebih efektif dalam membuat komputer kita bekerja seperti layaknya baru beli. Caranya adalah download Windows 10 ISO versi ringan. Lho, apa bedanya? Kalau kita memilih untuk download Windows 10 ISO versi ringan dan instalasikan di PC kita, maka fitur-fitur, fungsi atau aplikasi yang jarang digunakan, sudah ditiadakan. Selain lebih hemat ruang di harddisk, dibuangnya fitur-fitur yang tidak berguna tersebut akan membuat PC atau laptop spek rendah pun bisa menjalankan Windows 10 dengan lancar. Download Windows 10 Terbaru October 2020 Update Lalu, apa saja yang ada di Windows 10 versi Lite alias versi Ringan tersebut? Nah ini dia: Windows 10 SuperLite Compact (Gaming Edition) x64 –

Perbedaan Performa Smartphone RAM 4GB, 6GB dan 8GB

Kapasitas RAM smartphone dengan sistem operasi Android saat ini sudah sedemikian besar. Beberapa bahkan sudah lebih besar dari kapasitas RAM notebook mainstream. Sebelumnya, smartphone Android mainstream hanya punya RAM 2GB sampai 3GB. Kini, smartphone mainstream dengan OS Android rata-rata sudah mulai berkapasitas 4GB. Lalu, bagaimana dengan smartphone premium ataupun flagship? Untuk perangkat-perangkat tersebut, RAM 4GB sudah jarang digunakan. RAM 6GB dan 8GB kini sudah menjadi semakin lumrah. Dalam setahun dua tahun ke depan, mungkin RAM 10GB untuk sebuah smartphone Android menjadi biasa-biasa saja. Yang jadi pertanyaan, apakah saat ini performa RAM yang sedemikian besar berarti juga peningkatan performa secara keseluruhan akan didapat? Khususnya pada smartphone flagship atau premium yang sudah menggunakan CPU mutakhir terbaik? Sebelum ini, kita sudah membuktikan bahwa peningkatan kapasitas RAM pada smartphone dengan prosesor mainstream tidak terlalu signifikan bedanya

Cara Ganti dan Mengubah Warna Keyboard Laptop Acer Nitro 5

Acer Nitro 5 merupakan salah satu laptop gaming yang sangat populer di Indonesia. Buktinya, model laptop gaming yang satu ini terus diperbarui oleh pihak Acer agar terus dapat meraih perhatian para gamers. Ya, terbaru, laptop gaming Acer Nitro 5 bahkan sudah tersedia dalam versi dengan prosesor anyar baik dari Intel ataupun AMD yakni Core i 12th Gen dan juga Ryzen 6000 series. Sama seperti laptop gaming lain pada umumnya, Acer Nitro 5 ini juga punya fitur RGB lighting di bagian keyboard-nya. Yang menarik, keyboard tersebut mendukung 4-zone RGB lighting. Yang jadi pertanyaan bagi para pengguna awam seperti kita adalah, bagaimana cara ganti mengganti atau ubah mengubah warna keyboard laptop Acer Nitro 5 supaya tidak membosankan? Cara mengganti warna keyboard tersebut sebenarnya sangat mudah. Begini langkah-langkahnya: Cara Ubah Warna Keyboard Acer Nitro 5 Acer Nitrosense di laptop. Caranya bisa lewat shortcut aplikasi yang bersangkutan di Windows, atau dengan menekan tombol shortcu

Cara Login Telegram di HP dan Komputer

Telegram merupakan aplikasi pesan instan yang populer berkat fitur lengkap dan keamanan yang tinggi. Yang menarik, Anda bisa mengaksesnya di berbagai perangkat, baik di HP maupun komputer, sehingga tetap terhubung kapan saja dan di mana saja.  Buat Anda yang penasaran cara login Telegram di HP dan komputer, berikut ini panduan login Telegram, baik di HP maupun komputer. Cara Login Telegram di HP (Android dan iPhone) 1. Di Android: Langkah 1: Unduh dan instal aplikasi Telegram dari Google Play Store. Langkah 2: Buka aplikasi dan ketuk Start Messaging. Langkah 3: Masukkan nomor telepon yang terhubung dengan akun Telegram Anda. Langkah 4: Telegram akan mengirimkan kode lima digit melalui SMS. Masukkan kode tersebut untuk verifikasi. Jika tidak menerima SMS, Anda bisa meminta verifikasi melalui panggilan telepon. Ketuk opsi Didn’t get the code untuk memulai. Langkah 5: Jika lupa kata sandi, ketuk Forgot password dan ikuti instruksi untuk mengatur ulang kata sandi. 2. Di iPhone: Langkah 1:

AMD Resmikan Ryzen™ AI 300 Series di Indonesia

AMD baru saja memperkenalkan prosesor terbaru mereka, AMD Ryzen™ AI 300 Series, yang didukung oleh teknologi AI terkuat di dunia untuk PC. Dalam ajang bertajuk "Advancing Tomorrow with AMD Ryzen™ AI 300 Series Processor" AMD menyoroti kemampuan Neural Processor Unit (NPU) yang canggih dan fitur-fitur inovatif untuk meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan gaming. Seperti diketahui, perkembangan teknologi AI saat ini sangat mempengaruhi cara kita hidup dan bekerja, terutama di Indonesia, di mana lebih dari 77% populasi telah menjadi pengguna internet. AI memungkinkan personalisasi komputasi sesuai kebutuhan berbagai segmen profesi, seperti kreator konten, profesional, gamer, hingga wirausaha.  Namun, tantangan besar dalam memanfaatkan teknologi ini adalah peningkatan literasi digital di kalangan masyarakat. Nah, AMD Ryzen™ AI 300 Series dirancang untuk menjawab kebutuhan ini. Dengan perpaduan CPU, GPU, dan NPU yang efisien, prosesor ini mampu menghadirkan pengalaman komput

Chip Apple iPhone Mulai Diproduksi di Amerika Serikat

TSMC dilaporkan telah memulai produksi chip iPhone milik Apple di pabriknya yang berada di Arizona, Amerika Serikat. Pabrik TSMC di Arizona ini telah dalam tahap pembangunan sejak 2020, dan setelah empat tahun, fasilitas tersebut mulai menjalankan produksi uji coba untuk Apple. Fase pertama dari Fab 21 TSMC di Arizona kini memproduksi chip A16 SoC yang digunakan pada iPhone 14 Pro dalam jumlah yang "kecil tapi signifikan." Pada tahap ini, produksi masih berupa uji coba, tetapi diharapkan akan meningkat dalam beberapa bulan mendatang. Volume produksi diperkirakan akan meningkat secara signifikan setelah fase kedua dari tahap pertama pabrik selesai. Jika sesuai jadwal, pabrik Arizona ini akan mencapai target produksi pada paruh pertama tahun 2025. Chip pertama yang diproduksi di Amerika adalah A16, menggunakan proses N4P yang sama seperti di fasilitas TSMC di Taiwan. Meskipun demikian, proses ini masih tergolong rendah menurut standar TSMC, lebih merupakan proses 5 nanometer ya

Perbandingan Performa Android 11 dengan Android 10 dan Android 9

Google telah mengumumkan versi preview dari Android 11, sistem operasi gadget terbarunya pada 19 Februari 2020 lalu. Perangkat pertama yang mendapatkan update OS terbaru tersebut adalah seri Google Pixel. Sebulan kemudian, pada 18 Maret 2020, Developer Preview 2 dari Android 11 dirilis, lalu dilanjutkan dengan seri Developer Preview 3 pada 23 April dan Developer 4 pada 6 Mei. Sampai pada akhirnya Android 11 versi Beta 3 dirilis pada 6 Agustus. Tentunya banyak fitur baru dan perubahan antarmuka yang dihadirkan Google di Android 11. Tetapi, bukan itu fokus pembahasan kita kali ini. Buat Anda yang penasaran seperti apa performa Android 11 dan perbandingan performa Android 11 dengan Android 10 dan Android 9, silakan simak hasil benchmark berikut ini. Sebagai gambaran, Android 11 yang digunakan tentunya masih versi Beta, meski sudah versi September 2020. Seperti apa? Screenshot di bawah merupakan screenshot di smartphone yang sama, yang menggunakan sistem operasi yang berbeda. Dari kiri

Kelebihan Laptop Mainstream dengan AMD Strix Point. VRAM Bisa Buat Gaming!

Inovasi terbaru AMD dalam teknologi gaming laptop memungkinkan pengguna untuk mengalokasikan hingga 75 persen memori sistem mereka menjadi video RAM, sehingga meningkatkan kinerja grafis tanpa perlu melakukan penyesuaian BIOS. Fitur ini disebut Variable Graphics Memory (VGM), yang memungkinkan pengguna mengubah sebagian besar memori sistem menjadi VRAM khusus hanya dengan satu klik melalui aplikasi desktop Adrenalin. Saat ini, fitur ini hanya tersedia pada laptop AMD AI 300 "Strix Point" dan memungkinkan alokasi memori yang dinamis berdasarkan total RAM sistem. Pada pengaturan "medium", laptop dengan RAM 32GB dan video memory sebesar 512MB dapat diubah menjadi sistem dengan 24GB RAM dan 8GB VRAM khusus. Menurut informasi yang dilansir The Verge, manfaat praktis dari tambahan memori video ini bervariasi tergantung pada jenis permainan. Game seperti Alan Wake II yang membutuhkan hingga 6GB VRAM dapat mengalami peningkatan kinerja yang signifikan, sementara game lainny