Samsung Kembangkan RAM GDDR7 24Gb Pertama

Samsung mengumumkan bahwa mereka telah memulai pengembangan DRAM GDDR7 24 gigabit (Gb) pertama di industri. Yang menarik, teknologi GDDR7 tersebut digadang-gadang akan meningkatkan kinerja hingga 25 persen dan efisiensi daya lebih dari 30 persen.

Menurut Samsung, DRAM GDDR7 24Gb ini dikembangkan menggunakan teknologi DRAM kelas 10nm, yang meningkatkan kepadatan sel hingga 50 persen tanpa mengubah ukuran paket dibandingkan generasi sebelumnya. 

Selain itu, Samsung juga menerapkan teknologi modulasi sinyal Pulse-Amplitude Modulation tiga tingkat (PAM3), yang meningkatkan kecepatan DRAM hingga 42,5Gbps tergantung pada lingkungan penggunaan. Ini diklaim akan memberikan peningkatan 25 persen dibandingkan dengan generasi sebelumnya.



Untuk mencapai efisiensi daya 30 persen, Samsung juga menggunakan teknologi yang sebelumnya diterapkan pada produk mobile, termasuk manajemen kontrol clock dan desain dual VDD. DRAM ini juga dilengkapi dengan teknik desain power gating untuk meminimalkan kebocoran arus dan meningkatkan stabilitas operasional selama penggunaan kecepatan tinggi.

Samsung menyatakan bahwa proses validasi DRAM GDDR7 24Gb akan dimulai tahun ini oleh pelanggan GPU utama, dengan rencana komersialisasi pada awal tahun depan. Menarik sekali guys. Apakah Nvidia GeForce RTX 5000 series akan menjadi yang pertama memanfaatkan GDDR7 baru ini? Mari kita simak dalam waktu dekat.

Lebih baru Lebih lama